Kamis, 14 Maret 2013

Pembangunan Sarana dan Prasarana Olah Raga Lapangan Bola ALBA Kelurahan Loa Bakung

A. Pendahuluan 
Melihat daerah Kalimantan Timur dengan Samarinda sebagai Ibukota Provinsi banyak memiliki olahragawan muda berbakat yang tumbuh di Kaltim umumnya dan khususnya Kota Samarinda membuka mata kita bahwa Kota Samarinda memiliki potensi sangat besar yang bisa mewarnai perkembangan Olahraga terutama Sepak Bola di Kalimantan Timur. Dalam rangka perwujudan eksistensi kemampuan dalam berolahraga dan berkarya yang merupakan proses pembentukan diri, maka diperlukan sarana dan prasarana yang dapat mendukung dalam mengimplementasikan potensi yang berupa minat dan bakat dibidang olahraga sepak bola.
Dalam beberapa tahun terkhir ini, keberadaan lapangan olah raga terutama lapangan sepak bola yang berada di Kelurahan Loa Bakung yang tepatnya terletak di Perumahan Korpri dan bersebelahan dengan Gedung Sasana Abdi Negera ini hampir tidak terdengar lagi dan bahkan mungkin sudah terlupakan. Kalau kita mengingat pertama kalinya lapangan bola ini merupakan tempat olah raga kebanggaan warga Loa Bakung dan sekitarnya. Banyak kegiatan dan even-even yang pernah dilaksanakan yang merupakan wadah untuk mempererat tali persaudaraan antara anak-anak, remaja, pemuda dan orang tua dalam membina dan memupuk mental dan perilaku yang baik di bidang olah raga dan mengarahkan para anak-anak, remaja dan pemuda untuk berprestasi dibidang olah raga sepak bola dan secara langsung akan mempunyai dampak positif kepada mereka agar mempunyai kegiatan yang bermanfaat selain untuk diri mereka sendiri juga bertujuan menghindarkan mereka dari pergaulan negatif yang cenderung mendekatkan mereka dengan Narkoba atau obat-obatan terlarang serta zat adiktif lainnya.
Dengan adanya sarana berupa lapangan bola yang representatif diharapkan generasi muda khususnya dan masyarakat Kelurahan Loa Bakung dan sekitar umumnya akan mempunyai jiwa raga yang sehat dan dapat meningkatkan prestasi dibidang sepak bola yang nantinya akan mengharumkan nama Provinsi Kalimantan Timur dan Kota Samarinda dengan kemampuan dan prestasi yang mereka miliki.


 B. Maksud dan Tujuan

Mengembalikan fungsi dan manfaat sarana olah raga berupa lapangan sepak bola menjadi lebih representatif sehingga dapat dipergunakan secara optimal dengan membentuk kepengurusan sarana olah raga yang bertujuan merawat, memelihara, mengembangkan sarana yang dibangun secara lebih terarah dan terencana serta membina, menyalurkan, mengembangkan bakat dan minat masyarakat dalam bidang olah raga serta memunculkan bibit-bibit berbakat di Kota Samarinda pada khususnya dan Kaliamantan Timur pada umumnya yang berprestasi dan mampu bersaing dengan Olahragawan yang sudah profesional.


Sket Lapangan Sepak Bola Alba (dibuat oleh Budi Sahjaya)

 Lapangan Bola Alba Loa Bakung tepat berada disamping Gedung Sasana Abdi Negara Provinsi Kaltim

 Setelah dilakukan pemotongan rumput yang sebelumnya ditumbuhi rumput dan ilalang yang sangat tinggi

 Upaya pemotongan rumput ini atas prakarsa pribadi Bapak Ego Aripin selaku Ketua Pengurus Pusat Kegiatan Olah Raga Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda

 Tampak tiang gawang yang sudah lama tidak dapat dipergunakan. (Foto 1)

 Tampak tiang gawang yang sudah lama tidak dapat dipergunakan. (Foto 2)

 Dari sisi samping diluar lapangan telah di cor semen sebagai bentuk bantuan warga yang 
tinggal di dekat lapangan bola. (Foto 1)

 Sisi lapangan yang di cor semen sebagai bentuk bantuan warga yang tinggal 
di dekat lapangan bola. (Foto 2)

Dokumentasi : Kantor Kelurahan Loa Bakung
Foto : Budi Sahjaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar